RI Resmi Menjadi Koordinator MIKTA untuk Tahun 2018 - Media Benang Merah

Breaking

Jumat, 15 Desember 2017

RI Resmi Menjadi Koordinator MIKTA untuk Tahun 2018


Istanbul(TURKI).BM- Turki resmi menyerahkan tongkat estafet keketuaan MIKTA kepada Indonesia untuk periode tahun 2018. Proses penyerahan keketuaan ini dilakukan oleh Menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu kepada Menlu RI, Retno LP Marsudi dalam Pertemuan Tingkat Menteri MIKTA ke-11 yang berlangsung di Istanbul, 13 Desember 2017. Prosesi ini juga disaksikan oleh ketiga negara anggota MIKTA lainnya yakni Meksiko, Korea Selatan, dan Australia.

Sebelum prosesi tersebut, Turki terlebih dahulu menyampaikan evaluasi keketuaannya pada MIKTA tahun 2017. Dari 7 (tujuh) core areas MIKTA (fight against terrorism; commercial and economic cooperation; energy; sustainable development; gender equality; peacekeeping operations; good governance; democracy), prioritas Turki di periode keketuaan sebelumnya adalah fight against terrorism, economic cooperation, dan refugee crisis. Pada periode kepemimpinannya, Turki telah berhasil menginisiasi penyelenggaraan MIKTA Policy Planning Consultations sebagai flagship programnya.

Sedangkan periode keketuaan Indonesia di MIKTA pada tahun 2018 nanti akan berfokus pada isu perdamaian dan keamanan serta isu ekonomi kreatif. Fokus tersebut sejalan dengan upaya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 dan juga upaya Indonesia untuk memajukan industri kreatif.

Indonesia saat ini tengah mencalonkan diri untuk menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020 yang pemilihannya akan dilangsungkan pada bulan Juni 2018. Sementara itu, isu ekonomi kreatif juga merupakan isu yang tak kalah penting untuk diangkat mengingat sektor ini telah mempekerjakan kurang lebih 16 juta orang di Indonesia dan telah memberikan kontribusi sebesar 7,3 persen terhadap GDP Indonesia.

Beberapa program guna mendukung prioritas Indonesia sebagai Koordinator MIKTA meliputi MIKTA Interfaith and Intercultural Dialogue, MIKTA Workshop on Women and Peacekeeping, MIKTA Forum on Enhancing Cooperation on Creative Economy/Start Up Fest, dan MIKTA Workshop on Counter-Terrorism and Deradicalisation.

Indonesia juga berinisiatif untuk mengadakan beberapa program outreach seperti MIKTA Goes to Campus dan MIKTA Fun Walk and Charity Bazaar. “Kegiatan-kegiatan semacam ini diharapkan dapat memperkenalkan MIKTA lebih jauh kepada masyarakat luas dan juga peran serta kempimpinan kita di sana,” pungkas Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral, Febrian A. Ruddyard, yang juga merupakan Senior Official Leader Indonesia untuk MIKTA.

MIKTA merupakan kerja sama inovatif yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia. Kerja sama ini terbentuk pada tahun 2013 di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB. 


#Gan/ Direktorat PELH
PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.mediabenangmerah.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan