Gubernur Sugianto: Keberadaan Dinas Dukcapil Penting dan Strategis - Media Benang Merah

Breaking

Tuesday, May 15, 2018

Gubernur Sugianto: Keberadaan Dinas Dukcapil Penting dan Strategis


Palangka Raya(KALTENG).BM- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menegaskan keberadaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di tingkat provinsi, kabupaten dan kota sangat penting dan strategis mengingat data kependudukan dan catatan sipil sangat berguna bagi perencanaan pembangunan, pelayanan publik, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakkan hukum dan pencegahan kriminal.

Guna menyukseskan Pemilu Tahun 2019, pemerintah pusat telah meluncurkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). GISA merupakan sebuah gerakan guna membangun sistem pemerintahan yang peduli dan sadar akan pentingnya administrasi kependudukan yang terdiri dari 4 program meliputi program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemutakhiran data penduduk, program sadar pemanfaatan data kependudukan dan program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia.

“Dalam kesempatan ini Saya selaku Kepala Daerah menginstruksikan kepada semua Bupati/Walikota harus memberikan dukungan yang maksimal terhadap suksesnya Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yaitu dengan memberikan dukungan anggaran dan sarana/prasarana yang memadai,” tegas gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis dibacakan Pj.Sekda Kalteng Fahrizal Fitri ketika membuka Rapat Koordinasi Konsolidasi Pengawasan dan Pemantauan Administrasi Kependudukan Dalam Pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah di Palangka Raya, Senin (14/05).

Sugianto Sabran menyatakan, keberadaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak boleh dianggap sebagai pelengkap saja. Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanannya langsung menyentuh  harkat dan martabat seluruh warga negara Indonesia sesuai dengan Nawa Cita Ke-2 yaitu membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya yang memberikan prioritas upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu dan lembaga perwakilan.

Sugianto Sabran mengharapkan agenda besar pesta demokrasi rakyat untuk memilih pemimpinnya dalam masa jabatan 5 tahunan ini berlangsung secara demokratis, damai, aman, tenteram, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Karena  itu Data Kependudukan yang akan digunakan untuk persiapan Pemilihan Umum Serentak harus dipersiapkan secara matang oleh masing-masing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah Brigong Tom Moenandaz mengatakan Rapat Koordinasi ini bertujuan menyamakan persepsi, arah dan kebijakan koordinasi persiapan pelaksanaan dan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019. Kemudian menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap UU No. 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang mengatur Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilihan (DP4).

Disamping itu juga bertujuan memfokuskan kembali kegiatan persiapan pelaksanaan dan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 yang belum optimal pada sumber-sumber yang penting serta melakukan penajaman terhadap persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019. “Rapat koordinasi ini merupakan pertemuan penting guna mendapatkan informasi dan arahan kebijakan serta langkah-langkah konkrit persiapan implementasi, pengawasan dan evaluasi Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019,”ujar Brigong Tom Moenandaz.

Rapat Koordinasi ini diikuti peserta dari SOPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Bupati/Walikota, DPRD, KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalteng dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng dengan nara sumber antara lain Direktur Pencatatan Sipil Kemendagri, Bawaslu dan Polda Kalteng.Humas Kalteng.



#Gan | Humas Pemprov Kalteng
PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.mediabenangmerah.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan