Layanan Dukcapil Selama Libur Lebaran Dipantau Kemendagri - Media Benang Merah

Breaking

Friday, June 8, 2018

Layanan Dukcapil Selama Libur Lebaran Dipantau Kemendagri


JAKARTA.BM- Untuk memastikan keberlangsungan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) selama libur lebaran Idul Fitri 1439 H, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh meminta para penanggung jawab (Pj.) pelayanan Adminduk untuk memonitor dan memantau pelayanan Dinas Dukcapil kabupaten/kota.

Hal ini disampaikan Prof. Zudan pada acara serah terima jabatan di Ditjen Dukcapil, Jakarta, Jum’at (08/06/2018). Serah terima jabatan ini merupakan hasil pelantikan para Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator, dan Pengawas oleh Mendagri Tjahjo Kumolo Kamis kemarin.

“Di Dukcapil daerah itu masuk di hari libur setengah hari. Jadi tolong para Pj. tetap memonitor dan memantau di daerah masing-masing. Laporan di daerah juga harus tetap disampaikan”, pinta Prof. Zudan.

Data pelayana di daerah menunjukkan, rata-rata perekaman KTP-el per hari di bulan Mei adalah 36 ribu. Menurut 4 ribu dibandingkan bulan April. Bulan April perekaman 32 ribu, turun 20 ribu dibandingkan Januari, Februari, Maret.

“Pernah tembus per hari 52 ribu. Kalau 20 hari besok libur berarti tidak ada operasional di daerah. Berapa perekaman yang hilang? Kalau tolak ukurnya Januari, 520 ribu perekaman yang hilang”, jelas Zudan.

Begitupun jika dipakai tolak ukur yang paling renda di bulan April dengan posisi perekaman 32 ribu, maka ada 320 ribu perekaman yang hilang.

“Itulah mengapa Mendagri menerbitkan surat edaran di hari libur tetap masuk walaupun diatur jam kerjanya. Jadi tolong tetap dimonitor perekamannya tetap diminta per hari”, tegas Zudan.

Sebagai informasi, untuk memantau pelayanan Adminduk di daerah, Dirjen Dukcapil menugaskan para pejabat eselon II, eselon III, dan eselon IV menjadi penanggung jawab di masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.

Tugasnya adalah memastikan dan memonitor pelayanan Adminduk seperti Akta Kelahiran, rekam cetak KTP-el, inovasi daerah, buku pokok pemakaman, Kartu Identitas Anak (KIA) serta layanan dokumen kependudukan lainnya. 



# Gan | Dukcapil***
PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.mediabenangmerah.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan