Tiru Keberhasilan Filipina, Sri Lanka Bakal Menggantung Para Pedagang Narkoba - Media Benang Merah

Breaking

Wednesday, July 11, 2018

Tiru Keberhasilan Filipina, Sri Lanka Bakal Menggantung Para Pedagang Narkoba

Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena. (Foto Reuters)

mediabenangmerah.com
KOLOMBO- Sri Lanka hari ini mengumumkan akan mulai menggantung para pengedar narkoba, mengakhiri moratorium hukuman mati hampir setengah abad, karena pihak berwenang berjanji untuk "meniru" perang narkoba Filipina.

Presiden Maithripala Sirisena mengatakan kepada kabinet bahwa dia "Siap untuk menandatangani surat kematian" dari pelaku narkoba yang berulang, kata juru bicara pemerintah Rajitha Senaratne.

"Mulai sekarang, kami akan menggantung para pecandu narkoba tanpa mengubah hukuman mati mereka," katanya.

Sri Lanka sebelumnya telah mengubah hukuman mati untuk kejahatan serius menjadi penjara seumur hidup, sejak tahun 1976 selama eksekusi akhir.

Senaratne mengatakan hukuman mati untuk 19 pecandu narkoba telah diubah menjadi penjara seumur hidup. Namun, tidak pasti apakah mereka akan ditangguhkan mengikuti perubahan kebijakan pemerintah.

Pihak berwenang mengatakan pendekatan yang lebih ketat diperlukan untuk memerangi peningkatan terkait narkoba terkait narkoba.

Senaratne mengutip sebuah kasus minggu ini yang melibatkan seorang terpidana narkoba yang divonis bersalah dan hukuman matinya diubah menjadi penjara seumur hidup, termasuk mengimpor 100 kilogram heroin dari penjara.

Telah diketahui bahwa pemerintah negara itu diilhami oleh perang narkoba Filipina yang menjadi fokus pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte.

"Kami diberitahu bahwa Filipina telah berhasil menggunakan tentara dan berhasil mengatasi masalah ini, dan kami akan mencoba untuk meniru keberhasilan mereka," kata Senaratne pada keputusan untuk menggunakan militer untuk menangani narkoba. 


# Gan | AFP
PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.mediabenangmerah.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan