Polri Ungkap TKW yang Minta Pulang ke Indonesia Bukan Korban Perdagangan Orang - Media Benang merah

Breaking




Sabtu, 28 Januari 2023

Polri Ungkap TKW yang Minta Pulang ke Indonesia Bukan Korban Perdagangan Orang


JAKARTA.MBM- Bareskrim Polri memastikan TKW atas nama Siti Kurmaesa yang minta tolong dipulangkan ke Indonesia bukanlah korban perdagangan orang. Karena ia masuk Arab Saudi lewat agen penyalur pekerja migran resmi.

“Jadi, korban itu melalui agen resmi bukan agen gelap. Karena agen resmi itu bukan merupakan tindak pidana perdagangan orang,” jelas Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, Kombes Pol. Rainhard Hutagaol, Jumat (27/1/23).

Dittipidsiber Bareskrim Polri mengungkapkan, keberadaan Siti Kurmaesa terungkap dari postingan akun twittter Menkopolhukam, Mahfud MD terkait video TKW asal Cianjur yang viral minta tolong untuk dipulangkan ke Indonesia karena perlakuan tidak baik dari majikannya. 

Dalam unggahan tersebut, Mahfud MD menandai sejumlah pelari dan Polri, termasuk Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. 

“Kami pun melakukan "profiling" nama dan foto Siti Kurmaesa dari video viral tersebut dan memperoleh sejumlah nomor telepon. Dari sejumlah nomor telepon yang kebetulan salah satu nomor yang terhubung ke korban (Siti Kurmaesa), kami meminta kepastian keberadaannya di Arab Saudi,” kata Kombes Pol. Hujan deras.

Kombes Pol. Rainhard mengungkapkan, dari hasil penelusuran tersebut, diminta berkoordinasi dengan perusahaan penyalur untuk menjemput Siti Kurmaesa dari rumah majikannya yang berada di Arab Saudi. Setelah dijemput, Siti Kurmaesa diserahkan ke KBRI Ryad, Arab Saudi, untuk proses pemulangan ke Indonesia

“Agen penyalur Siti Kurmaesan ke Arab Saudi resmi terdaftar di pemerintahan sehingga tidak ada unsur pidana. Namun, permasalahan yang terjadi adalah hubungan kerja antara pemberi kerja dan pekerja yang kurang baik.,” tutup Kombes Pol. Hujan deras.

Baca Juga

#Gan | Humas Polri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS