Presiden Jokowi Lakukan Topping Off Indoor Multifunction Stadium GBK - Media Benang merah

Breaking

Jumat, 13 Januari 2023

Presiden Jokowi Lakukan Topping Off Indoor Multifunction Stadium GBK

Presiden Jokowi menghadiri topping off bangunan IMS GBK, Jumat (13/01/2023) sore, di kawasan GBK, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)


JAKARTA.MBM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri topping off atau penyelesaian akhir atap bangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (13/01/2023) sore, di kawasan GBK, Jakarta.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini topping off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno saya nyatakan telah selesai,” ujar Presiden.

Bangunan tertutup multifungsi ini adalah fasilitas arena tertutup dengan kapasitas paling besar di Indonesia. IMS dapat berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga hingga festival dalam skala besar.

“Bisa menampung 16.250 penonton dan bisa berfungsi, baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan, serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar,” ujarnya.

Presiden mengungkapkan, IMS GBK yang dibangun sejak bulan April 2021 ini memiliki luasan bangunan sebesar 50.300 meter persegi. Pembangunan arena ini menggunakan anggaran sebesar Rp630 miliar.

Lebih lanjut Presiden menyatakan bahwa Jakarta akan terus dibangun serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas setara kota-kota besar di dunia.

“Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain, yang ada di dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam laporannya mengatakan bahwa IMS dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan mengusung teknologi hijau atau green building serta menggunakan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

“Di sini juga pertama kali Bapak Menteri PUPR membangun dengan sistem 7D, jadi benar-benar ini dibangun secara komputer, AI,” kata Erick.

Erick menambahkan, IMS akan menjadi tuan rumah gelaran pertandingan bola basket dunia FIBA World Cup 2023 yang diorganisir oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi).

“Ini akan digunakan Bapak Menpora pada Juni untuk kegiatan pertandingan bola basket kejuaraan dunia yang kita merupakan tuan rumah untuk pertama kalinya, dibantu oleh PB Perbasi,” ujar Erick.

Presiden Jokowi tampak didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Turut hadir Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih, Direktur Eksekutif FIBA David Crocker, serta Direktur Penyelenggara FIBA World Cup 2023 Budi Satrio Djiwandono.

Baca Juga

#Gan | Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS