Vokalis rock ‘Television’ Tom Verlaine meninggal pada usia 73 tahun - Media Benang merah

Breaking




Minggu, 29 Januari 2023

Vokalis rock ‘Television’ Tom Verlaine meninggal pada usia 73 tahun


MBM— Gitaris Tom Verlaine, yang menjadi terkenal di kancah punk New York tahun 1970-an sebagai pentolan band rock Television, meninggal dunia pada usia 73 tahun.

Di masa kejayaannya, Television mencetak tiga single hit UK Top 40 dan diakui untuk album mereka Marquee Moon and Adventure.

Tetapi mereka lebih sukses di Inggris daripada negara asal mereka AS dan berpisah pada tahun 1978.

Kematian Verlaine diumumkan oleh Jesse Paris Smith, putri rekan lama dan kolaborator Patti Smith.

Dia tidak merinci penyebabnya, mengatakan bahwa dia meninggal "setelah sakit singkat".

Verlaine dianggap sebagai salah satu praktisi musik yang lebih terampil yang muncul dari klub CBGB yang sekarang sudah tidak ada di Bowery New York, di mana orang-orang sezaman mereka termasuk Blondie, The Ramones dan Talking Heads.

Meskipun mereka menjadi terkenal karena gerakan punk, musik mereka lebih kompleks daripada saingan mereka, dengan Verlaine dan sesama gitaris Richard Lloyd memperdagangkan solo yang panjang dan riff yang dipengaruhi jazz yang rumit.

Verlaine lahir sebagai Thomas Miller di New Jersey, tetapi mengadopsi nama panggungnya sebagai penghormatan kepada penyair simbol Prancis, Paul Verlaine.

Setelah Television bubar, dia merilis serangkaian album solo, dengan lagunya Kingdom Come menginspirasi versi cover langka oleh David Bowie di album Scary Monsters miliknya.

Televisi direformasi pada tahun 1992, merilis album ketiga self-title, dan aktif secara sporadis di tahun-tahun berikutnya, dipuji sebagai pengaruh utama pada rock alternatif tahun 1980-an dan 1990-an.

Di antara mereka yang memberikan penghormatan kepada Verlaine adalah Mike Scott dari The Waterboys, yang men-tweet: "Tom Verlaine telah melampaui batas yang selalu diisyaratkan oleh permainan gitarnya.

"Dia adalah gitaris rock and roll terbaik sepanjang masa, dan seperti Hendrix yang bisa menari dari alam semesta ke garage rock. Itu membutuhkan kehebatan khusus."

Will Sergeant, gitaris dari Echo & The Bunnymen, berkata: "Permainan Tom Verlaine sangat berarti bagi saya. Jika saya pernah memainkan sesuatu yang terdengar seperti dia, saya senang. Dia menempatkan saya di jalur saya sebagai gitaris, terima kasih Tom."

Baca Juga

#Gan | bbc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS