Merah Putih Berkibar di Samoa, KBRI Wellington serahkan Surat Kepercayaan ke Kepala Pemerintahan Samoa - Media Benang merah

Breaking

Selasa, 21 Februari 2023

Merah Putih Berkibar di Samoa, KBRI Wellington serahkan Surat Kepercayaan ke Kepala Pemerintahan Samoa


Apia(SAMOA).MBM- “Sebagai bagian dari keluarga besar Pasifik, Indonesia dan Samoa memiliki banyak kesamaan. Kita diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah, masyarakat yang ramah dan pemandangan alam yang menakjubkan” ujar Dubes Fientje dalam sambutan singkatnya dalam acara penyerahan Surat Kepercayaan kepada Kepala Pemerintahan Negara Merdeka Samoa Yang Mulia Tuimaleliifano Vaaletoa Sualauvi II pada Senin, 20 Februari 2023 di Apia, Samoa.

Lebih lanjut, Dubes Fientje tegaskan  "komitmen Indonesia untuk terus membina kerjasama dan kolaborasi dengan Samoa dalam mendukung kedaulatan dan keutuhan wilayah, ekonomi dan perdagangan, upaya penanganan pascapandemi Covid-19, sosial budaya dan hubungan antarmasyarakat dan komunitas, serta pembangunan infrastruktur, perlindungan lingkungan, upaya mitigasi perubahan iklim dan isu lainnya.”

Dalam momentum ini, Dubes Fientje secara resmi diterima sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Negara Merdeka Samoa, yang berkedudukan di Wellington. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Negara Merdeka Samoa sendiri telah terjalin sejak tahun 1980.

Pada pertemuan langsung tersebut, Dubes Fientje menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara, saling mendukung dan kerja sama di berbagai organisasi kawasan dan internasional, termasuk di Forum Kepulauan Pasifik (PIF), di mana Indonesia juga termasuk sebagai mitra dialog dalam forum tersebut.

Dubes Fientje juga menyampaikan kesiapan KBRI Wellington untuk mengadakan pertemuan dengan pejabat Samoa untuk membahas kolaborasi lebih lanjut dalam bidang bantuan teknis dan program penguatan kapasitas yang dibutuhkan oleh Samoa.

Di akhir pertemuan, Dubes Fientje menyampaikan harapan agar penyerahan Surat Kepercayaan tersebut menjadi awal baru bagi hubungan yang lebih dekat, kuat, dan sejahtera antara Indonesia dan Negara Merdeka Samoa serta meminta dukungan dan kerja sama Kepala Pemerintahan Negara Merdeka Samoa, Yang Mulia Tuimaleliifano Vaaletoa Sualauvi II, serta rakyat Samoa untuk memenuhi berbagai mandat yang diberikan.

Pada kunjungan ke Samoa, Dubes Fientje juga melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Samoa, Fiamē Naomi Mataʻafa, Menteri Pertanian serta Menteri Lingkungan Hidup Samoa dan pejabat tinggi Kemlu Samoa.

Dubes Fientje juga terakreditasi untuk Selandia Baru, Kerajaan Tonga, Niue dan Kepulauan Cook. Sebelumnya, Dubes Fientje telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Selandia Baru; Kepala Perwakilan Ratu untuk Kepulauan Cook; dan Premier Niue secara langsung, dan kepada Raja Tonga secara daring, pada tahun 2022.

Baca Juga

#Gan | KBRI Wellington

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"
SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS