Mimbar; Tahun Baru dan Memahami Pesan Tuhan - Media Benang merah

Breaking

Minggu, 12 Februari 2023

Mimbar; Tahun Baru dan Memahami Pesan Tuhan

Ps. Dr. Garry Jordan, M.Th. (Ketua Sinode Gereja Yesus Hidup Sejati)


Shalom saudara. Salam Sejahtera di dalam Tuhan Yesus Kristus. Bersyukur kita sudah melewati satu bulan di tahun 2023. Semua karena anugerah Tuhan. Saya berdoa di tahun 2023 ini kita melihat karya Tuhan dinyatakan dalam hidup kita. A new year, a new beginning! Bersama YESUS kita menjadi pribadi yang diberkati Tuhan dengan dahsyat dan Ajaib. Sebab yang lama telah berlalu dan yang baru sudah datang. Yakin dan percaya bahwa semua keadaan kita, Tuhan jadikan baru.

Baru-baru ini ada sebuah kejadian yang cukup mengejutkan bagi saya pribadi. Adik dari papa mertua saya meninggal dunia. Padahal sehari sebelumnya masih jalan ke mall dan makan bersama-sama dengan saya. Saya menyadari bahwa waktu berlalu sedemikian cepatnya. Orang-orang yang kita kenal, baru saja kita ajak bercengkerama bersama, esoknya sudah dipanggil Tuhan.

Alkitab sendiri berkata dalam Yakobus 4:14 (TB), “padahal kamu tidak tahu tentang hari esok, apakah arti hidupmu. Sebab hidupmu itu sama seperti kabut yang kelihatan untuk sementara waktu, kemudian lenyap”. Kita lihat betapa singkatnya hidup manusia. Maka dari itu, di kesempatan yang baik ini, mari kita memakai hidup kita sebaik-baiknya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Mari, saya mengajak kita untuk sama-sama belajar memahami pesan-pesan Tuhan.

1. Chance (Kesempatan)
Kita memasuki tahun 2023 ini dengan sebuah kesempatan. Dalam YESUS selalu ada kesempatan baru. Kesempatan untuk mewujudkan mimpi kita, kesempatan untuk melayani keluarga kita, kesempatan untuk manjadi pribadi yang lebih baik. Walaupun mungkin ada tantangan / kesukaran, tapi Tuhan YESUS sendiri yang akan memberikan kekuatan kepada kita.

Ada sebuah peristiwa di Alkitab, di mana Yunus juga memperoleh kesempatan dari Tuhan. Yunus 3:1 (TB) tertulis, “Datanglah firman TUHAN kepada Yunus untuk kedua kalinya, demikian: “Yunus diminta untuk menyampaikan keselamatan kepada Niniwe, tapi Yunus justru melakukan sebaliknya. Dia pergi ke Tarsis. Bahkan TUHAN dua kali berfirman kepada Yunus. TUHAN tetap mengarahkan dan memberi kesempatan kepada Yunus untuk berjalan sesuai dengan rencana TUHAN.

Adakah dari kita yang sedang diberi kesempatan? Apa yang kita lakukan dengan kesempatan yang Tuhan sudah Tuhan beri? Mungkin kita sempat salah langkah, tapi ada janji Tuhan berkata dalam Filipi 1:6 (TB), “Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.” Kasih Kristus lebih besar dari kesalahan kita. Dia sendiri akan bekerja dengan luar biasa sampai rencana-Nya yang indah digenapi dalam hidup kita.

2. Change (Perubahan)
Sebuah kesempatan harus diikuti dengan perubahan. Alkitab berkata dalam Roma 12:2-3 (TB), “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.” 

Seringkali yang membuat tubuh kita sakit, ataupun kita hidup dalam kekhawatiran dan ketakutan adalah ketika kita berpikir melampaui yang seharusnya dipikirkan. Ingatlah bahwa ada YESUS yang memiliki rencana lebih baik dari rencana kita. Ada YESUS, tidak ada yang mustahil bagi Dia.

Tidak peduli seberapa banyak kesempatan yang Tuhan berikan / mukjizat yang kita terima, ketika pikiran kita salah posisi, hal itu akan membawa dampak yang buruk. Oleh karena itu, kita harus menyadari bahwa setiap hari ada YESUS. Tidak peduli seburuk apapun keadaan dunia, ada perang, Covid-19, krisis keuangan, resesi, ada YESUS yang sanggup mengubah tangisan kita menjadi sukacita, ratapan kita menjadi tari-tarian. Dalam YESUS, hidup kita berkemenangan! Amin!

3. Choice (Pilihan)
Bukan saja Tuhan beri kita kesempatan dan perubahan, tetapi ada pilihan. Menjadi negatif itu pilihan. Penolakan itu pilihan. Hidup dalam amarah itu pilihan. Balas dendam itu pilihan. Optimis itu pilihan. Belas kasih itu pilihan. Mengampuni itu pilihan. Bagaimana kita hidup itu pilihan.

Hari-hari ini berapa banyak kita sadar ada banyak suara dalam pikiran kita? Suara-suara itu ingin mengontrol hidup kita. Tapi firman Tuhan mengingatkan kita di Yohanes 10:27 (TB), “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.”

Di tahun 2023 ini, jangan lihat badai / keadaan kesukaran yang bisa melemahkan iman kita. Pandanglah YESUS, percayai YESUS, ikuti tuntunan YESUS, karena Dia punya rencana dahsyat dalam hidup kita.

Secara pribadi Tuhan berkata kepada saya dan saya ingin bagikan kepada kita semua: Last year I’ve made you strong. This year, I am going to make you happy. (Tahun lalu Aku telah membuatmu kuat. Tahun ini, Aku akan membuatmu berbahagia.)

Kesempatan bukan untuk kita sia-siakan. Jalani tahun 2023 dengan perubahan, dan pilihlah untuk selalu mendengar tuntunan Tuhan. Dan lihatlah, tahun ini Tuhan akan membawa kita dari kemenangan kepada kemenangan yang berikutnya. Dari kemuliaan kepada kemuliaan. Amin!  Tuhan YESUS memberkati saudara. Shalom.

Ps. Dr. Garry Jordan, M.Th. (Ketua Sinode Gereja Yesus Hidup Sejati)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"
SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS