Turki Mulai Angkut Logistik dengan Hercules TNI-AU - Media Benang merah

Breaking

Kamis, 16 Februari 2023

Turki Mulai Angkut Logistik dengan Hercules TNI-AU


Ankara(TURKI).MBM- Tidak sempat parkir lama, pesawat Hercules C-130 TNI AU yang diperbantukan kepada Pemerintah Turki untuk membantu penanggulangan bencana gempa bumi langsung menjalani tugas kemanusiaannya (15/02). Debut pertamanya sebagai pesawat kemanusiaan di Turki dimulai dengan pengangkutan logistik dari bandara militer Etimesgut, Ankara, ke Kahramanmaras, salah satu daerah paling terdampak oleh bencana gempa bumi.

“Hari ini kita sudah mulai mengangkut logistik kemanusiaan dari Ankara ke Kahramanmaras, satu daerah paling terdampak. TNI AU bangga bisa ikut meringankan beban Saudara kita di Turki. Ini sesuai harapan Menhan dan pimpinan TNI saat memutuskan mengerahkan pesawat ini ke Turki", terang Kolonel (PNB) Wisoko, Flight Commander, menjelaskan mengenai operasi kemanusiaan yang dilakukan pesawat dengan nomor registrasi A-1326 ini di Turki.

“Kami terus berkoordinasi dengan Angkatan Udara Turki dan AFAD untuk jadwal penerbangan-penerbangan berikutnya. Yang jelas kami siap membantu saudara kami 24 jam", imbuh mantan Atase Pertahanan di KBRI Tokyo ini.

Sejak terjadinya gempa pada tanggal 6 Februari 2023 lalu, Pemerintah Turki terus memobilisasi logistik ke daerah-daerah terdampak bencana. Ribuan alat berat dikirimkan dari berbagai daerah di Turki untuk melakukan eskavasi reruntuhan gedung dan untuk menyiapkan tempat-tempat pengungsian. Suplai tenda, bahan makanan dan kebutuhan hidup lainnya bagi para korban juga terus didatangkan. Sementara jalur suplai logistik melalui darat banyak yang tidak berfungsi akibat gempa. Pengangkutan logistik melalui udara, khususnya dengan pesawat transport militer, menjadi opsi paling baik yang bisa dilakukan saat ini.

Baca Juga

#Gan | KBRI Ankara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"
SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS