Sekjen Kemendagri Tekankan Pentingnya Efisiensi dalam Perencanaan Program dan Kegiatan - Media Benang merah

Breaking

""Prakiraan Cuaca Khusus Jalur Transportasi Darat, Jumat, 12 April 2024"

Sabtu, 04 Maret 2023

Sekjen Kemendagri Tekankan Pentingnya Efisiensi dalam Perencanaan Program dan Kegiatan



Yogyakarta(DIY).MBM- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menekankan tentang pentingnya prinsip efisiensi dalam proses perencanaan program dan kegiatan. Sebab, menurutnya, hal itu merupakan kunci sukses perencanaan anggaran.

Demikian disampaikan Suhajar dalam Rapat Koordinasi Perencanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Lingkup Kemendagri 2024 di Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta, Kamis (2/3/2023).

“Sekarang kita mempunyai tanggung jawab membuat perencanaan yang jitu, jangan sampai terjadi pemubaziran. Kunci sukses itu adalah memuliakan efisiensi, efektif sudah baik tapi kita belum efisien,” katanya.

Suhajar menjelaskan, efisiensi berkaitan erat dengan bagaimana perencanaan program dan kegiatan dibuat. Ketika suatu program/kegiatan tidak banyak revisi dan mengalami perubahan maka bisa dikatakan program tersebut memiliki kualitas yang baik.

“Semakin banyak terjadi perubahan selama tahun anggaran berjalan, menandakan semakin lemahnya kualitas perencanaan,” ujarnya.

Untuk itu, Suhajar mendorong semua elemen di lingkup Kemendagri untuk menyusun rencana anggarannya dengan matang. Perencanaan dibuat berdasarkan kebutuhan dengan nilai anggaran yang tepat. Belajar dari kegagalan perencanaan yang tidak berjalan di tahun sebelumnya, Suhajar berharap hal tersebut tak terulang kembali.

“Jadi orang perencanaan ini adalah orang yang mampu melakukan mobilitas psikis, yaitu Anda melepaskan diri Anda hari ini, kemudian Anda merenung ke tahun depan, tidak semua orang mampu. Oleh karena itu orang perencanaan itu tidak boleh sembarangan meletak orang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kemampuan dalam melihat prioritas program/kegiatan juga menjadi indikator penting dalam perencanaan. Dengan didukung inovasi dan ide perubahan, diharapkan perencanaan anggaran ke depan lebih berkualitas dan dapat mengakomodasi berbagai kepentingan baik organisasi maupun masyarakat.

“Kita khawatir kalau tidak kita ubah nanti terjadi hal yang lebih tidak baik, karena ada hal penting sekali yang harus kita kerjakan,” tandasnya.


Baca Juga

#Gan | Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS