Sambut Hari Raya Asadha, Borobudur Gelar Indonesia Tipitaka Chanting 2023 - Media Benang merah

Breaking

""Prakiraan Cuaca Khusus Jalur Transportasi Darat, Jumat, 12 April 2024"

Sabtu, 22 Juli 2023

Sambut Hari Raya Asadha, Borobudur Gelar Indonesia Tipitaka Chanting 2023

(Ketua Panitia Indonesia Tipitaka Chanting 2023, Bhante Guttadhammo)


Magelang(JATENG).MBM- Lebih dari 1.500 umat Buddha mengikuti Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. ITC merupakan kegiatan pembacaan kitab suci Tipitaka secara massal dalam bahasa pali menjelang peringatan Hari Suci Asadha 2567 BE/ 2023.

Ketua Panitia ITC 2023, Bhante Guttadhammo mengatakan tema ITC tahun ini adalah "Memperkokoh Moral, Membangun Kedamaian Bangsa". Dimulai dari tanggal 21 sampai 23 Juli 2023, peserta ITC juga melakukan puasa Atthasila, Dhammasakacca (diskusi Dhamma) dan mendengarkan Dhammadesana (ceramah Dhamma). Sehingga, para peserta akan mendapat pemahaman lebih baik serta manfaat dalam mengikuti kegiatan ini.

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Kementerian Agama, Nyoman Suriadarma mengatakan bahwa pelaksanaan ITC ini merupakan salah satu cara yang sangat berharga dan mulia untuk melestarikan ajaran Dhamma Buddha dan memperkenalkannya kepada generasi berikutnya.

"Saya yakin pelaksanaan Tipitaka Chanting ini diikuti lebih dari 1.500 orang. Ini artinya niat, keinginan, dan antusias dari masyarakat Buddha untuk belajar Tipitaka sangat tinggi sekali," ungkap Nyoman, Jumat (21/7/2023).

"Jika ini terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan ajaran Dhamma akan semakin menyebar dan dipahami serta dipraktikkan oleh setiap orang. Jika itu terjadi, maka cita-cita Indonesia maju, damai, makmur, rukun pasti akan tercipta," lanjut Nyoman.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sangha Theravada Indonesia (STI) bersama Keluarga Buddhis Theravada Indonesia yang terdiri dari Atthasilani Theravada Indonesia (Astinda), Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi), Wanita Theravada Indonesia (Wandani) dan Pemuda Theravada Indonesia (Patria).

Kegiatan Indonesia Tipitaka Chanting ini juga merupakan implementasi dari Candi Borobudur sebagai pusat tempat ibadah umat Buddha Indonesia dan dunia, sebagaimana telah ditetapkan pemerintah melalui nota kesepahaman antara Kementerian Agama, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, dan tokoh agama Buddha pada Jumat, 11 Februari 2022.


Baca Juga

#Gan | Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS