Sekjen Kemendagri Dorong Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Diperkuat - Media Benang merah

Breaking




Jumat, 07 Juli 2023

Sekjen Kemendagri Dorong Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Diperkuat


JAKARTA.MBM- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mendorong kapasitas aparatur pemerintahan desa diperkuat untuk mendukung Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Karena itu, Suhajar menekankan agar Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) dapat mempercepat pemberian pelatihan kepada aparatur desa.

“Pak Menteri juga sudah mengarahkan supaya betul-betul pelatihannya itu bisa mempunyai target yang pasti bahwa setelah mereka pelatihan, mereka menjadi agen untuk mengubah perbaikan-perbaikan di desa,” terang Suhajar pada acara Sosialisasi Pelatihan Aparatur Desa dalam Penetapan dan Penegasan Batas Desa dalam Rangka Penataan Kewenangan Desa dan Meningkatkan Pendapatan Asli Desa untuk Kualitas Belanja Desa Tahun 2023 di Hotel Redtop Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Suhajar menekankan agar jajaran Ditjen Bina Pemdes fokus terhadap kegiatan training of trainer (ToT) agar pelatihan terhadap aparatur pemerintahan desa bisa segera dilaksanakan. Kegiatan tersebut merupakan langkah penting untuk melahirkan para pengajar atau pelatih yang kompeten. “Jadi hulu pertama pangkalnya adalah di Bapak/Bapak ini, karena Bapak-Bapak yang akan melahirkan melakukan training-nya, pelatihnya,” ujarnya.

Kemendagri, kata dia, menargetkan bakal melatih 25.140 aparatur pemerintahan desa yang tersebar di 6.204 desa, 886 kecamatan, 136 kabupaten/kota, dan 31 provinsi. Dalam pelatihan itu, nantinya aparatur desa ditekankan agar menyimak dan mencatat berbagai materi yang disampaikan untuk bekal dalam menjalankan tugas.

Dia berharap, para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi agar setiap informasi terkait dengan persiapan penyelenggaraan ToT dapat diterima dengan baik. Hal ini penting dilakukan untuk menjamin tujuan pelatihan terhadap aparatur desa dapat tercapai secara optimal.

Baca Juga

#Gan | Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS