Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata - Media Benang merah

Breaking

""Prakiraan Cuaca Khusus Jalur Transportasi Darat, Jumat, 12 April 2024"

Jumat, 10 November 2023

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin melakukan tabur bunga di TMP Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11/2023). (Sumber: Tangkapan Layar)

JAKARTA.MBM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Nasional TMPN Utama Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Selanjutnya upacara dimulai dengan laporan Komandan Upacara Kolonel Penerbang Puguh Yulianto kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Prosesi dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian, untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dibunyikan sirene yang diakhiri dengan mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Presiden Jokowi.

Setelah itu, Presiden meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan. Pembacaan doa dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Upacara diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara.

Selepas upacara, Presiden melaksanakan tabur bunga didampingi Wapres Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Tinggi Negara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para Kepala Staf Angkatan.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lingkungan Lembaga Kepresidenan
Bertepatan dengan Hari Pahlawan ini, para pejabat dan pegawai di lingkungan lembaga kepresidenan juga mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di halaman Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Para peserta berasal dari Kemensetneg, Sekretariat Kabinet (Setkab), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kantor Staf Presiden (KSP), dan Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara ini yaitu Sekretaris Wantimpres Agus Widodo.


Baca Juga

#Gan | Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS