Indonesia Tawarkan Peluang Investasi di Sektor Ekonomi Digital pada Thailand - Media Benang merah

Breaking

""Prakiraan Cuaca Khusus Jalur Transportasi Darat, Jumat, 12 April 2024"

Kamis, 05 November 2020

Indonesia Tawarkan Peluang Investasi di Sektor Ekonomi Digital pada Thailand


Bangkok(THAILAND).BM- Thailand - Indonesia sebagai pemain kunci di sektor ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara, menawarkan peluang investasi dan kerja sama kepada komunitas bisnis Thailand. Hal ini semakin terlihat pada pembahasan seminar daring yang diselenggarakan oleh KBRI Bangkok dalam rangka memperingati 70 tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Thailand berjudul “Indonesia Investment Promotion on Digital Economy" (03/11/2020).

Empat perusahaan digital Indonesia yakni Halodoc, LinkAja, MDI Ventures serta Nongsa Digital Park (NDP) telah memperkenalkan kiprah mereka di industri ekonomi digital kepada pengusaha di Thailand, sekaligus menawarkan berbagai peluang bisnis dan kerja sama antara pemangku kepentingan kedua negara.

“Di tengah pandemi Covid-19 yang penuh tantangan, Indonesia terus memperluas kerja sama ekonomi berdasarkan pada prinsip saling menguntungkan termasuk dengan Thailand," ujar Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Bangkok, Dicky Komar dalam pembukaan seminar daring ini. Indonesia memiliki optimisme kuat untuk menjadikan tantangan yang ada saat ini sebagai sebuah peluang besar.

Indonesia dan Thailand sebagai 2 ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara, memiliki sasaran diplomasi ekonomi yang sejalan yakni memanfaatkan strategi ekonomi dengan mengimplementasikan revolusi industri 4.0. Seperti halnya Thailand, Indonesia terus memperkuat sektor industri digital, ekonomi kreatif, dan pembangunan sumber daya manusia guna memperkuat kapasitas negara di era revolusi industri 4.0. Hal ini makin diperkuat ketika dampak pandemi COVID-19 telah memaksa kedua negara untuk mempercepat proses transformasi ekonomi digital dengan melibatkan seluruh sektor kehidupan masyarakat, yang bertujuan tidak hanya guna mengatasi dampak sosial ekonomi namun sekaligus meningkatkan competitiveness dan resilience di masa dan pasca pandemi.

Seminar daring ini menghadirkan pembicara dan praktisi ekonomi digital kedua negara serta diikuti oleh 60 orang peserta dari kalangan pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha. Dari sisi Thailand, telah berpartisipasi sebagai pembicara, yakni Kasama Kongsmak, Executive Vice President Digital Economy Promotion Agency (DEPA) Thailand, dan Kobsak Pootrakul, Senior Executive Vice President Bangkok Bank yang juga wakil dari Thailand Indonesia Business Council (TIBC). Keduanya menyambut hangat tawaran Indonesia dan mengharapkan kolaborasi yang saling menguntungkan bagi kedua negara demi memperkuat pembangunan ekonomi digital di kawasan menuju proses pemulihan ekonomi yang cepat dan lebih baik di masa dan pasca pandemik.

Melalui pertemuan ini, Thailand membuka kesempatan bagi pelaku usaha lainnya di bidang ekonomi digital Indonesia untuk berekspansi di Thailand seperti halnya 2 perusahaan start-up besar Indonesia yakni GOJEK dan Traveloka yang telah sukses menembus pasar Thailand. Tentunya peluang ini akan menambah kinerja investasi Indonesia, yang tidak hanya menyasar inbound investment dari Thailand.

Baca Juga

# Gan | KBRI Bangkok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS