Kemenag Ingatkan PPIU dan PIHK tentang Lima Pasti Umrah - Media Benang merah

Breaking




Sabtu, 11 Maret 2023

Kemenag Ingatkan PPIU dan PIHK tentang Lima Pasti Umrah

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus (UHK) Kementerian Agama Nur Arifin bersama Kabid PHU Kanwil Kemenag Bali Nurkhamid


Denpasar(BALI).MBM- Minat jemaah untuk beribadah umrah pada Ramadan sangat tinggi. Saking padatnya di Makkah, momen umrah saat Ramadan sering disebut sebagai miniatur penyelenggaraan ibadah haji.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus (UHK) Kementerian Agama Nur Arifin mengingatkan para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) terkait lima pasti umrah.

Hal ini disampaikan Nur Arifin saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Umrah Tahun 2023 di Denpasar, Bali. Kegiatannya ini dihadiri Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Bali Nurkhamid beserta jajaran, seluruh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) se Provinsi Bali, serta perwakilan PPIU dan PIHK di Provinsi Bali.

Nur Arifin meminta PPIU dan PIHK memberika kemudahan akses informasi agar jemaah bisa mendapatkan kepastian akan lima hal dalam penyelenggaran umrah. Lima pasti umrah dikampanyekan Kemenag sejak 2016 sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kembali penipuan terhadap jemaah. 

Lima pasti umrah terdiri atas: 1) pastikan travel/bironya memiiki izin Kementerian Agama (terdaftar(); 2) pastikan jadwal keberangkatannya; 3) pastikan tiket penerbangannya; 4) pastikan hotelnya yang akan ditempati selama di Saudi; dan 5) pastikan visanya.

“Pastikan travelnya berzin, pastikan jadwalnya, pastikan penerbangannya, pastikan hotelnya, serta pastikan visanya,” terangnya.

Nur Arifin juga minta pembimbing ibadah di PPIU dan PIHK memberikan bimbingan ke jemaahnya secara rasional. Menurutnya, saat ini ada sebagian pembimbing umrah dan haji yang membimbing jemaahnya tidak mengedepankan kerasionalan cara berpikir jemaahnya. Hal itu menyebabkan jemaah mempunyai penafsiran sendiri.

“Berikan pemahaman bimbingan kepada jemaah secara rasional jangan sampai jemaah mempunyai penafsiran sendiri,” tandasnya. 


Baca Juga

#Gan | Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




"BOFET HARAPAN PERI" ( Cp Order +62 822-8820-3440 )



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS